NEWS UPDATE : SITUS "PP NURUL MUSTHOFA" SEKARANG SUDAH BISA DI AKSES VIA APLIKASI ANDROID. TUNGGU UPDATE DARI KAMI. SECEPATNYA AKAN KAMI UNGGAH APK NYA UNTUK DI DOWNLOAD,,, TERIMA KASIH
INFO UPDATE
KLIK DI SINI !!
×

INFO UPDATE

  • SAMPLE ATAM 1
  • SAMPLE ATAM 2
  • SAMPLE ATAM 3

MUHAMMAD ATAMMUN NI'AM

Ruang khusus info, pengumuman dan pemberitahuan seputar Pondok Pesantren

NURUL MUSTHOFA
Pasir - Mijen - Demak

SEKIAN TERIMA KASIH

Thursday, February 1, 2018

QASIDAH BURDAH

TERINDAH SEPANJANG MASA



Qasidah Burdah


Dikarang oleh Imam Abu Abdillah Muhammad al-Busiri yang dilahirkan pada tahun 610 Hijriyah (1213 Masehi) dan meninggal dunia pada tahun 695 Hijriyah (1296 Masehi).

Beliau telah diasuh oleh ayahandanya sendiri dalam mempelajari Al-Quran dan ilmu pengetahuan yang lain. Untuk memperdalamkan lagi ilmu agama dan kesusasteraan Arab, Imam al-Busiri lalu berhijrah ke Qohiroh (Kairo). Di Qohiroh , Imam Al-Busiri menjadi seorang sastrawan dan penyair yang ulung. Kemahirannya didalam bidang syair mengatasi para penyair lain dizamannya. Karya-karya kaligrafinya juga terkenal dengan keindahannya. Gurunya yang paling utama ialah Sayidina Abdul Abbas Ahmad bin Umar al-Mursiy yang merupakan anak murid kepada pengasas tariqat Shazili yaitu Imam Abul Hasan Aly bin Abdillah bin Abdul Jabbar as-Shadzili.

Manuskrip Qasidah Burdah


Qasidah Burdah berisi 160 bait yang ditulis dengan gaya bahasa atau uslub yang menarik, lembut dan elegan.

Imam al-Busiri menterjemahkan kehidupan Nabi Muhammad saw kedalam bentuk bait-bait puisi yang sangat indah. Dengan bahasa yang sebegitu indah, dan sangat menyentuh.

Imam al-Busiri telah berhasil menanamkan kecintaan dan kasihnya umat Islam kepada Junjungan Besar Nabi Muhammad saw dengan lebih mendalam.

Selain dari rasa kecintaan dan kasih yang mendalam terhadap Nabi saw, nilai-nilai sastra sejarah dan moral turut terkandung dalam qasidah tersebut.

Oleh karena itu tidak heranlah apabila qasidah ini sentiasa dibaca di institusi-institusi pengajian tradisional malah qasidah ini turut diajar di University al-Azhar, Mesir.

Serta diakui sebagai Qosidah terbaik terindah yang pernah ada dan para Kyai sepuh banyak yang membaca Qosidah Burdah sebagai bentuk amalan mengaplikasikan rasa kecintaan kepada Rosululloh SAW.

Imam al-Busiri hidup dalam zaman transisi atau perpindahan kuasa dinasti Ayyubiyyah kepada dinastik Malik Bahriyah. Pada ketika itu, pergolakan politik semakin gawat, akhlak masyarakat merosot dan para pemerintah terlalu mengejar kemewahan. Maka dalam suasana serba kekalutan itu, muncullah Qasidah yang dikarang oleh Imam al-Busiri yang seakan-akan mengajak manusia kembali mencontohi kehidupan Nabi saw yang berasaskan Uswatun Hasanah yakni suri tauladan yang baik, mengawal hawa nafsu dan kembali kepada ajaran Islam yang sebenar yang berasaskan al-Quran dan Hadist.

Burdah yang menjadi tema utama dalam karya al-Busiri itu adalah merujuk kepada jubah yang dipakai oleh Nabi Muhammad saw. Burdah milik Nabi Muhammad saw ini telah diberikan kepada Ka’ab bin Zuhair bin Abi Salma, seorang penyair terkenal Muhadramain (penyair dua zaman yaitu Jahiliyyah dan Islam).

Riwayat pemberian burdah oleh Rasulullah saw kepada Ka’ab bin Zuhair bermula apabila Ka’ab senantiasa menggubah syair yang mengejek-ejek Nabi saw dan para sahabat. Karena merasa jiwanya terancam, ia lari bersembunyi untuk melindungi diri dari kemarahan para sahabat. Ketika terjadi penaklukan Makkah, saudara Ka’ab yang bernama Bujair bin Zuhair mengutus surat kepadanya yang isinya antara lain menganjurkan Ka’ab agar pulang bertaubat dan berjumpa Rasulullah saw.

Setelah memahami isi surat itu, Ka’ab pun pulang ke rumah dan bertaubat. Ka’ab lalu berangkat menuju ke Madinah. Menurut Sayidina Abu Bakar as-Siddiq, Ka’ab menyerahkan diri kepada Rasulullah saw. Ka’ab mendapat penghormatan yang tinggi dari Rasulullah saw sehingga baginda melepaskan burdahnya dan diberikan kepada Ka’ab.

Ka’ab kemudiannya menggubah sebuah qasidah yang dikenali dengan nama Qasidah Burdah. Qasidah ini ditulis dengan indah oleh seorang ahli kaligrafi, Hasyim Muhammad al-Baghdadi didalam kitab kaligrafinya yang berjudul Qawaid al-Khat al-Arabi.

Burdah yang diberikan oleh Rasulullah saw kepada Ka’ab kemudiannya menjadi milik keluarga Ka’ab sehinggalah ia dibeli oleh Khalifah Muawiyah bin Abi Sufyan dengan harga dua puluh ribu dirham.

Burdah itu kemudian dibeli pula oleh Khalifah Abu Ja’far al-Mansur dari dinasti Abbasiyyah dengan harga empat puluh ribu dirham. Burdah itu seterusnya dipakai pada setiap kali sholat hari raya oleh khalifah dan kemudiannya menjadi tradisi turun-temurun.

Mimpi Bertemu Nabi


Bagaimana Qasidah Burdah ini menjadi terkenal bermula pada saat Imam al-Busiri tiba-tiba jatuh sakit dan diserang penyakit Syalal (lumpuh). Mengikut catatan ahli tarikh, beliau lumpuh separuh badan. Tabib-tabib yang terkemuka gagal mengubat penyakitnya. Dalam keadaan kesakitan dan tidak berdaya, Imam al-Busiri mengarang qasidah yang berkaitan dengan Nabi Muhammad saw. Qasidah-qasidah ini disusun dengan begitu indah dan diulang-ulang oleh Imam al-Busiri.

Puncaknya,pada satu malam ketika Imam al-Busiri tertidur, beliau bermimpi melagukan qasidah-qasidah yang dikarangnya di hadapan Baginda Rasulullah saw sendiri. Rasulullah saw dalam mimpi tersebut begitu gembira dan menyukai qasidah tersebut, lantas baginda mengusap muka Imam al-Busiri dengan kedua tangan baginda yang mulia. Rasulullah saw turut menyentuh bahagian tubuh Imam al-Busiri yang lumpuh dan memakaikan Imam al-Busiri dengan Burdah Baginda Rosululloh.

Setelah tersedar dari mimpi tersebut, Imam al-Busiri mendapati beliau tidak lagi lumpuh! Imam al-Busiri dengan segera keluar dari tempatnya untuk menceritakan kisahnya kepada orang lain. Beliau bertemu dengan seorang pemuda yang bertanya kepadanya, “Syeikh, bawakan kepadaku qasidah-qasidah yang telah kau karang tentang Nabi SAW.” Terkejut dengan permintaan pemuda tersebut, Imam al-Busiri bertanya, “Dimanakah anda mengetahui tentang qasidah yang kukarang? Aku tidak pernah menceritakannya maupun melagukannya kepada siapapun!!” Jawab pemuda tersebut, “Aku bermimpi tadi malam bahwa Nabi SAW didendangkan dengan qasidah-qasidah yang cukup indah yang memuji baginda. Aku lihat Baginda begitu gembira dan menyukai qasidah tersebut dan memakaikan pakaian Baginda (Burdah) kepada orang yang melagukan qasidah tersebut…Dan aku melihat Engkau lah yang membaca Qosidah dalam mimpiku!”

Sejak saat itu Qasidah Burdah yang dikarang oleh Imam al-Busiri menjadi masyhur. Anak-anak Islam pada zaman silam diajarkan tentangnya dan menjadi nasyid harian. Malahan ramai di antara ‘ulama Islam seperti Ibnu Hajar Haithami yang menganggap harus untuk mempelajari qasidah ini bagi penuntut-penuntut ilmu Islam bagi memupuk kecintaan terhadap baginda Rasulullah SAW. Selain dari Qasidah Burdah, sebuah lagu qasidah yang sangat terkenal yang dikarang oleh Imam al-Busiri ialah Qosidah Muhammadiyah.

Syair Yang Populer


Qasidah Burdah begitu memasyarakat sehingga bisa dikatakan,burdah merupakan salah satu kitab syair yang terpopuler dipesantren seIndonesia.

Di Aceh Burdah menjadi bacaan wajib setiap santri di seluruh pesantren,yang dibacakan pada malam jum`at setelah pembacaan Dalail Al-khairaat,dan kebetulan Burdah dicetak dalam satu cetakan dengan Dalail khairat.Di pulau jawa sangking memasyarakatnya Burdah,ada majlis yang dinamai dengan Majlis Burdah.

Sebagian orang memang ada yang mengatakan bahwa sesungguhnya Nabi itu tidak boleh disanjung-sanjung dan dipuji,itu kultus individu namanya. Memang benar sangking tawadhunya (rendah hati)sudah tentu beliau menolak untuk di kultus individukan ummatnya.Tapi perlu kita ingat,kita tak pernah menyanjung Rosululloh SAW sampai-sampai menyamakan kedudukannya dengan ALLAH Tuhan Semesta Alam. Sebagaimana dilakukan oleh kaum yahudi dan nasrani. Hal ini juga jelas tergambar dari satu bait burdah.

~ Tinggalkan tuduhan orang nasrani
~ Tuduhan yang dilontarkan kepada Nabi mereka
~ Tetapkanlah untaian pujian kepada Nabi
~ Pujian apapun yang engkau suka
~ Nisbahkan kepada Dzat Nabi
~ Segala kemuliaan yang engkau kehendaki
~ Nisbahkan kepada martabat Nabi
~ Segala keagungan yang engkau kehendaki
~ Karena keutamaan Rasul Allah Ta`ala
~ Tiada tepi batasnya
~ Sehingga mengurai mudah terasa
~ Bagi lisan yang berkata

Pada hakikatnya menyanjung Rasulullah adalah mengakui Nabi ini sebagai lelaki pilihan. Dalam Al-Qur'an Allah menyatakan "Kami tidak utus engkau Hai Muhammad kecuali sebagi Rahmat bagi semesta alam". Bukankah ini juga satu pujian ? Untuk mencintai kekasih apalagi Beliau adalah kekasih Allah Ta`ala.

Al Qur-an menganjurkan kepada kita umat Islam sebagaimana tertera dalam Al Qur-an surat Al Ahzab 56 "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya".

Sumber ajaran memuji Rasulullah dan mencintai Nabi itu berasal dari Islam itu sendiri.Dalam sebuah hadis popular disebutkan "Didiklah anak-ankmu dalam tiga tahap;mencintai Nabi,Keluarganya dan membaca Al Qur-an".

Kata "Shalat" (jamaknya Shalawat) jika datang dari Allah bermakna rahmat,jika datang dari malaikat bermakna meminta ampunan,dan jika datang dari ummatNya bermakna sanjungan dan pengharapan agar rahmat dan kerelaan Allah agar dikekalkan. Dalam surat yang kain Allah memuji hambaNya yang mulia ini dengan "Sungguh engkau (Hai Muhammad)benar-benar dalam budi dan perangai yangtinggi".Allah tidak pernah memanggil nama langsung seperti "hai Muhammad",tapi Allah memanggilnya dengan "hai Nabi,Hai Rasul,Hai laki-laki yang berselimut".

Disamping itu bukankah Baginda Rasul sendiri yang menganjurkan kita untuk menghaturkan sanjungan (madah) terhadap beliau.Ini seperti juga yang diharapkan beliau dalam banyak hadits agar kaumnya banyak banyak menyebut namanya. "Sebutlah selalu namaku,sungguh shalawatmu sampai padaku" sabda beliau.Bahkan dianjurkan kepada ummatnya untuk banyak banyak menyebut namanya dalam malam jum`at,sebab seperti dalam hadis yang lain,sungguh menyebut nama Nabi Muhammad SAW akan dijawab dengan pahala berlipat-lipat.



BERANDA